Luar Biasaa..!! Empat Tahun Berturut, Pemkab Karo Raih Award Peduli HAM dan Hak Pelayanan Publik..!

Mencerdaskan & Memuliakan - Desember 14, 2020
Luar Biasaa..!! Empat Tahun Berturut, Pemkab Karo Raih Award Peduli HAM dan Hak Pelayanan Publik..!
 - (Mencerdaskan & Memuliakan)
Editor

Medan, Bersama News Tv

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan Pemkab Karo, Sumatera Utara. Emoat tahun berturut-turut, kabupaten berhawa sejuk ini meraih penghargaan (award) sebagai kabupaten Peduli Hak Azasi Manusia (HAM) dan Pelayanan Publik Berbasis HAM.

Penghargaan itu diserahkan Menkumham RI, Dr Yasonna H Laoly, bertepatan pada peringatan ke 72 HAM se dunia tahun 2020, melalui Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut, Sutrisno, di kantor Kanwil Kemenkuham Sumut di Medan, Senin (14/12/2020).

Penghargaan ini sudah keempat kalinya diterima Pemkab Karo. Sebelumnya pada 2017, 2018 dan 2019, Pemkab Karo juga menerima award tersebut.

Bupati Karo, Terkelin Brahmana, SH, MH, menerima penghargaan itu didampingi Ketua TP PKK Karo, Ny Sariati Sitompul, Kabag Hukum Monica Maytrisa Purba, SH, Kasubbag Bantuan Hukum dan HAM, Isna Lewi Tarigan, SH dan Staf Kasubbag Bankum dan HAM Karo, Incon Purba.

Menurut Terkelin, predikat Peduli HAM yang diterima karena Prmkab Karo dianggap mampu dan memiliki komitmen tinggi mengupayakan pemenuhan hak-hak dasar bagi warganya.

Bupati pun mengajak semua pihak agar menjadikan momentum tersebut untuk meningkatkan motivasi semangat ASN dari tahun-tahun sebelumnya. Tujuannya untuk memenuhi hak-hak dasar warga yang tidak bertentangan dengan HAM.

Untuk kedepannya, Terkelin menilai, siapa pun bupati Karo yang terpilih nantinya, dihadapkan dengan tantangan tugas baru di tahun 2021 dan semoga Pemkab Karo dapat mempertahankan award peduli HAM.

“Mari tetap wujudkan implementasi melalui program-program pemerintah yang memperhatikan regulasi dan budayakan kearifan lokal, merga silima, rakut sitelu, tutur siwaluh perkaden kaden sepuluh dua tambah sada. Hakekat inilah selama ini yang diutamakan Pemkab Karo sehingga meraih peduli HAM,” simpulnya.

Pada kesempatan itu, bupati Karo berterima kasih kepada Kemenkumham karena masih diberi kepercayaan berupa penghargaan peduli HAM se-Indonesia bersama 16 kabupaten/kota se-Sumut.

Baca Juga  Membanggakan..!! Mendikbud Tetapkan Disdik Karo Masuk Zona 6 Besar PSP se Sumut..!!

Sementara itu, Kakanwil Kemenkum HAM Sumut, Sutrisno, menyebut, ke 16 daerah yang meraih predikat Peduli HAM dan Cukup Peduli HAM yakni, Kabupaten Karo, Asahan, Batubara, Deli Serdang, Labuhanbatu Utara, Langkat, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Pakpak Bharat, Samosir, Tapanuli Selatan, Taput, Kota Binjai, Kota Pematangsiantar, Kota Sibolga dan Kota Tebing tinggi.

Sedangkan, Menkum HAM, Yasonna Laoly, dalam sambutan virtualnya mengatakan, peringatan HAM sedunia ke-72 tahun 2020 tidak seperti tahun sebelumnya.

“Biasanya dilaksanakan meriah dihadiri ribuan orang, namun saat ini tidak dapat terlaksana akibat pandemi Covid-19. Tapi ini tidak mengurangi arti dan makna sesungguhnya kegiatan ini,” ucapnya.

Yasonna Laoly berpesan kepada daerah yang setiap tahun mendapat penghargaan agar tetap dipertahankan dan bagi yang belum agar lebih fokus meningkatkan pemenuhan hak asasi warganya dengan memberlakukan azas kesetaraan dan keadilan. (ALS)

IMBAUAN REDAKSI: Ayoo…Kita lawan virus Corona (Covid-19)..!! Patuhi protokol kesehatan (Prokes)..!! Jaga jarak dua meter, pakai masker, hindari kerumunan dan rajin cuci tangan pakai sabun di air mengalir. Bukan hebat kali Corona itu kalau kita bersatu..!! πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ‘πŸ‘πŸ™πŸ™

Tinggalkan Komentar

close
Banner iklan disini