Presiden Jokowi: Sisir Masyarakat Sampai ke Kampung-kampung untuk Divaksinasi..!!

Mencerdaskan & Memuliakan - September 16, 2021
Presiden Jokowi: Sisir Masyarakat Sampai ke Kampung-kampung untuk Divaksinasi..!!
 - (Mencerdaskan & Memuliakan)
Editor

Jakarta, Bersamanewstv

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau vaksinasi door to door di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). Jokowi berharap program ini mempermudah masyarakat untuk mengakses vaksinasi.

“Pelaksanaan vaksinasi door to door ini merupakan bentuk pelayanan langsung datang ke masyarakat, mengajak masyarakat untuk vaksinasi dan kita harapkan ini akan mempercepat vaksinasi selain yang sudah dilakukan oleh rumah sakit, oleh pemerintah daerah, oleh TNI/Polri, oleh puskesmas, semuanya,” kata Jokowi dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, yang dilansir detikcom, Kamis (16/09/2021).

Jokowi menerima laporan bahwa sebagian masyarakat belum divaksinasi. Karena itu, dia memerintahkan jajarannya untuk menyisir warga di kampung-kampung yang belum vaksin.

“Kita ingin menyisir agar seluruh masyarakat mendapatkan vaksin dan kita segera bisa terhindar dari penyebaran COVID-19. Ini juga akan sangat memudahkan masyarakat untuk mengakses vaksin karena ada yang menyampaikan ‘Pak saya belum, saya belum’. Datangi masyarakat ke dusun-dusun dan kampung-kampung yang ada dan ini juga akan memberikan perlindungan pada masyarakat, memberikan proteksi kepada masyarakat sehingga nantinya masyarakat bisa beraktivitas secara normal,” imbuh Jokowi.

Terakhir, Jokowi kembali menyampaikan pesan soal hidup berdampingan dengan COVID-19. Dia menegaskan prokes dan vaksinasi menjadi poin utama.

“Nantinya kita akan mengajak masyarakat untuk hidup berdampingan dengan COVID, artinya bahwa protokol kesehatan itu menjadi kunci, vaksinasi itu menjadi kunci. Sehingga saya mengajak masyarakat untuk terus memakai masker kemudian yang belum vaksin segera secepatnya vaksin,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi menyoroti adanya ketimpangan angka vaksinasi di daerah-daerah di Sumatera Utara (Sumut). Jokowi meminta agar ketimpangan ini segera diperbaiki.

Jokowi awalnya berbicara soal vaksinasi lansia di Sumut yang baru mencapai 24 persen. Jokowi mengatakan hal ini sudah cukup bagus daripada daerah lain.

Baca Juga  Bah...Bahh...Bahhh...!! 97 Ribu PNS "Siluman" Terima Gaji Setiap Bulan..!!

“Masuk ke vaksinasi, di Sumut secara umum 26 persen, lansia meskipun 24 persen saya anggap sudah lumayan karena yang lain masih ada yang 15,” kata Jokowi di rumah dinas Gubsu, Medan, Kamis (16/09/2021).

Jokowi ini dihadiri seluruh kepala daerah di Sumut secara langsung dan virtual. Di antara yang hadir langsung adalah Gubsu Edy Rahmayadi hingga Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Jokowi kemudian berpesan untuk berhati-hati karena adanya ketimpangan vaksinasi di daerah-daerah di Sumut. Jokowi menyebut ada daerah yang sudah 82 persen warganya divaksinasi, tapi ada daerah lain yang hanya 7 persen.

“Kemudian hati-hati, tadi Panglima TNI sudah menyampaikan ada gap ada kota kota tertentu dengan kabupaten kota yang ada, yang angkanya sangat jauh, 82 persen sampai 7 persen,” ucap Jokowi.

Dari data yang dipaparkan Jokowi, daerah di Sumut yang vaksinasi nya mencapai 82 persen yaitu Kabupaten Pakpak Bharat. Sementara untuk daerah yang vaksinasi warganya masih 7 persen adalah Kabupaten Nias Selatan.

Jokowi menyebut tingkat vaksinasi yang tinggi di suatu daerah merupakan hal baik. Namun, tidak boleh ada ketimpangan yang sangat jauh antardaerah.

“Hati-hati. Karena kita ini tidak bisa sendiri, misalnya Pematangsiantar, paling baik 100 persen. Tapi kanan-kirinya masih 14 persen, nggak ada artinya,” ujar Jokowi.

Jokowi kemudian mendorong kepala daerah yang masih rendah tingkat vaksinasi untuk segera memperbaiki. Jokowi meminta Pangdam I/BB dan Kapolda Sumut membantu melakukan vaksinasi di daerah itu.

“Saya minta Pangdam, Kapolda dikerahkan, dikejar, nanti saya minta panglima TNI ditambah vaksinator sehingga daerah-daerah yang masih angkanya 7, 8, 11, 11, 12 ini dikejar,” jelas Jokowi.

Adapun daerah yang disoroti Jokowi karena tingkat vaksinasinya masih rendah, yaitu Labuhanbatu Utara (12,9 persen), Mandailing Natal (12,0 persen), Nias (11,8 persen), Langkat (11,2 persen), Nias Utara (8,3 persen), dan Nias Selatan (7,7 persen). (***)

Baca Juga  KTT ASEAN di Jakarta..!! Jokowi: Stop Kekerasan Militer di Myanmar..!!

IMBAUAN REDAKSI: Ayoo…Kita lawan virus Corona (Covid-19)..!! Patuhi protokol kesehatan (Prokes)..!! Jaga jarak dua meter, pakai masker, hindari kerumunan dan rajin cuci tangan pakai sabun di air mengalir. Bukan hebat kali Corona itu kalau kita bersatu..!! 💪💪👍👍🙏🙏

Tinggalkan Komentar

close
Banner iklan disini