Horee..!! Kek Gini Baru Paten Silih..!! Wamen ATR/BPN Serahkan SHM kepada Warga Tiga Juhar..!!

Mencerdaskan & Memuliakan - Oktober 20, 2021
Horee..!! Kek Gini Baru Paten Silih..!! Wamen ATR/BPN Serahkan SHM kepada Warga Tiga Juhar..!!
 - (Mencerdaskan & Memuliakan)
Editor

STM Hulu, Bersamanewstv

Masyarakat Desa Tiga Juhar, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, merasa senang. Sebab tanah mereka telah berstatus Sertifikat Hak Milik (SHM).

Penyerahan 10 SHM itu dilakukan secara simbolis oleh Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Surya Tjandra, SH, LLM, Selasa (19/10/2021) di Jambur GBKP Tiga Juhar.

Indra Tarigan salah satu warga yang menerima SHM mengaku sangat senang dan bahagia dengan adanya program sertifikat tanah dari pemerintah tersebut.

“Program sertifikat tanah ini sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat. Selain memperjelas status tanah, pihak bank juga tidak akan ragu lagi memberikan bantuan modal untuk petani jika SHM tersebit dijadikan agunan. Selain itu dengan adanya SHM ini tentu persoalan batas tanah yang kerap terjadi bisa diminimalisir,” kata Tarigan.

Sebelumnya, Wamen ATR/BPN, Surya Tjandra, SH, LLM, dalam sambutannya mengaku ini kali kedua dia datang ke Tiga Juhar dalam rangka penerbitan SHM untuk masyarakat.

“Saya sangat bangga kepada masyarakat Desa Tiga Juhar ini yang mengerti arti dari sebuah SHM atas tanahnya. Saya juga salut dan angkat topi karena masyarakat merelakan tanah perladangannya “dipotong” untuk dijadikan jalan,” kata Surya Tjandra.

Menurutnya, saat ini sudah sekitar 256 bidang tanah yang selesai SHM-nya. “Itu baru tahap pertama. Mudah-mudahan program ini akan terus berlanjut,” ujarnya seraya berterima kasih kepada jajaran ATR/BPN Provinsi Sumut dan Kabupaten Deli Serdang, sehingga penerbitan SHM berjalan cepat dan lancar.

Sementara itu Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar, meminta masyarakat agar menggunakan SHM tanah miliknya dengan sebaik-baiknya. “Jadikanlah SHM ini sebagai aset ekonomi karena bisa membantu permodalan pertanian melalui bank,” imbuhnya.

Baca Juga  Panglima TNI: Roda dan Badan Pesawat Sriwijaya Air Ditemukan..!!

HM Ali Yusuf Siregar juga mengungkapkan bahwa Tiga Juhar sudah ditetapkan sebagai sentra produk agri bisnis tanaman buah salak. “Tiga Juhar satu-satunya daerah di Kabupaten Deli Serdang yang menjadi sentra produk agri bisnis salak. Di daerah ini ada sekitar 62 hektar lahan salak jenis pondoh, saponti dan madu. Dan ini sangat membantu perekonomian masyarakat,” beber HM Ali Yusuf Siregar.

Di akhir acara masyarakat Desa Tiga Juhar menyematkan kain adat sebagai ucapan terima kasih dan ikatan peraudaraan kepada Wamen ATR/BPN, Surya Tjandra, SH, LLM, Kanwil ATR/BPN Provinsi Sumut dan Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf, Siregar. (NAP)

 

IMBAUAN REDAKSI: Ayoo…Kita lawan virus Corona (Covid-19)..!! Patuhi protokol kesehatan (Prokes)..!! Jaga jarak dua meter, pakai masker, hindari kerumunan dan rajin cuci tangan pakai sabun di air mengalir. Bukan hebat kali Corona itu kalau kita bersatu..!!Β πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ‘πŸ‘πŸ™πŸ™

Tinggalkan Komentar

close
Banner iklan disini