Sempat Jajal Lintasan..!! Presiden Jokowi Resmikan Sirkuit Internasional Mandalika..!!

Mencerdaskan & Memuliakan - November 12, 2021
Sempat Jajal Lintasan..!! Presiden Jokowi Resmikan Sirkuit Internasional Mandalika..!!
 - (Mencerdaskan & Memuliakan)
Editor

Jakarta, Bersamanewstv

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan Sirkuit Internasional Jalan Raya Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11/2021).

“Sirkuit Mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer, dengan teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan,” kata Jokowi dalam rilis seperti dikutip cnnindonesia.

“Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika ini seperti yang sebentar lagi akan diselenggarakan yaitu World Superbike 2021 dan dilanjutkan nantinya di bulan Maret 2022 dengan MotoGP,” ujarnya.

Sebelum melakukan peresmian, Jokowi sempat menjajal lintasan sirkuit Mandalika. Jokowi mengendarai motor pribadinya, Kawasaki W175 yang telah dimodifikasi. Kondisi sirkuit yang basah selepas hujan membuat Jokowi tak berani ngebut.

“Saya kira banyak tikungan yang tajam sekali, di sini kan ada 17 titik tikungan yang saya kira semuanya sulit untuk saya. Kalau untuk pembalap mungkin enggak ada masalah, tapi untuk saya sangat sulit,” ucap Jokowi selepas peresmian.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi sekaligus mengingatkan pengelola Mandalika agar menjaga protokol kesehatan selama pelaksanaan ajang internasional. Terdekat, Mandalika akan digunakan untuk WSBK 2021.

“Sekali lagi, protokol kesehatan ketat dan saya sudah memerintahkan untuk juga didampingi oleh Satgas [Satuan Tugas] sehingga tata kelola setiap event itu terus dijaga protokol kesehatannya,” ujarnya.

Presiden juga berharap keberadaan Sirkuit Mandalika dapat memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di NTB. Jokowi yakin perhelatan seperti World Superbike dan MotoGP akan memberi dampak signifikan pertumbuhan ekonomi Lombok.

“Saya kira ini sebuah perhelatan besar yang setiap tahun terus akan diadakan di Sirkuit Mandalika dan itu dipastikan akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi di Provinsi NTB. Ya, ini kan dicoba dulu lah World Superbike, nanti MotoGP dilaksanakan, kita evaluasi, baru kita akan ke arah mana akan kelihatan nanti,” ucapnya memungkasi.

Baca Juga  Manchester City Vs Liverpool..!! Duel Panas Liga Inggris..!!

Seusai itu Jokowi meresmikan jalan bypass yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Jalan sepanjang 17,3 kilometer bisa memangkas waktu tempuh bandara ke Mandalika.

“Alhamdulillah kita patut bersyukur bahwa pembangunan jalan bypass Bandara Internasional Lombok sampai ke Mandalika dengan panjang 17,3 kilometer telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan,” ucap mantan Gubernur DKI Jakarta ini. (***)

IMBAUAN REDAKSI: Ayoo…Kita lawan virus Corona (Covid-19)..!! Patuhi protokol kesehatan (Prokes)..!! Jaga jarak dua meter, pakai masker, hindari kerumunan dan rajin cuci tangan pakai sabun di air mengalir. Bukan hebat kali Corona itu kalau kita bersatu..!!Β πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ‘πŸ‘πŸ™πŸ™

Tinggalkan Komentar

close
Banner iklan disini