Sempat Dituntut 1 Tahun Penjara..!! JPU Tuntut Bebas Istri Marahi Suami “Dewa Mabuk”..!!

Mencerdaskan & Memuliakan - November 23, 2021
Sempat Dituntut 1 Tahun Penjara..!! JPU Tuntut Bebas Istri Marahi Suami “Dewa Mabuk”..!!
 - (Mencerdaskan & Memuliakan)
Editor

Jakarta, Bersamanewstv

Jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Agung membatalkan tuntutan 1 tahun terhadap Valencya. Hal itu karena, setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim Jampidum Kejaksaan Agung, Jaksa Agung ST Burhanuddin menilai dengan hati nurani sehingga terdakwa dituntut bebas.

“Bapak Jaksa Agung melihat ini dengan hati nurani dan hasil penelitian yang dilakukan oleh jaksa kembali yang dilakukan jaksa-jaksa Kejagung, sehingga inilah diputuskan, ini sudah diputuskan dari JPU, naik ke Jampidum,” kata Kapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam konferensi pers virtual, seperti dilansir detikcom, Selasa (23/11/2021).

Ia mengatakan penanganan perkara ini sudah diambil alih oleh tim Jampidum Kejaksaan Agung dengan membentuk tim. Kemudian tim itu melakukan penelusuran dari berkas pemeriksaan saksi, pemeriksaan terdakwa dan bukti-bukti sehingga Jaksa Agung, sebagai penuntut umum tertinggi memberikan persetujuan penuntutan bebas terhadap terdakwa Valencya.

“Bahwa dengan pengendalian diambil alih dari Jampidum, merupakan asas dominus litis di mana Jaksa Agung adalah pengendali dan merupakan penuntut umum tertinggi, oleh karena itu penuntutan ini sebagaimana yang tadi sudah dibacakan oleh JPU adalah penuntutan atas persetujuan oleh Kejagung,” ujarnya.

Leonard mengatakan Jaksa Agung ST Burhanuddin meminta kepada jajarannya untuk menangani perkara dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya tetap wajib mengedepankan hati nurani dan profesionalisme.

Lebih lanjut, buntut kasus ini, saat ini Asisten Pidana Umum Kejaksaan Tinggi Jawa Barat (Aspidum Kejati Jabar) Dwi Hartanta dimutasi menjadi jaksa fungsional di Kejagung. Leonard mengatakan mutasi tersebut untuk memudahkan pemeriksaan perkara.

Selain itu, saat ini ada enam jaksa yang sedang diperiksa bidang Jaksa Agung Muda bidang Pengawasan Kejagung. “Ada enam jaksa yang saat ini dilakukan pemeriksaan pengawasan,” imbuhnya. (***)

Baca Juga  Selamat Jalan Kawan..!! Positif Corona, Kepala Bapenda Deli Serdang Meninggal Dunia..!!

 

IMBAUAN REDAKSI: Ayoo…Kita lawan virus Corona (Covid-19)..!! Patuhi protokol kesehatan (Prokes)..!! Jaga jarak dua meter, pakai masker, hindari kerumunan dan rajin cuci tangan pakai sabun di air mengalir. Bukan hebat kali Corona itu kalau kita bersatu..!!💪💪👍👍🙏🙏

Tinggalkan Komentar

close
Banner iklan disini