Bayar Tol Tanpa Kartu Segera Diberlakukan..!!

Mencerdaskan & Memuliakan - Mei 20, 2022
Bayar Tol Tanpa Kartu Segera Diberlakukan..!!
 - (Mencerdaskan & Memuliakan)
Editor

Jakarta, Bersamanewstv

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengimplementasikan pembayaran tol tanpa kartu atau yang dikenal multi lane free flow (MLFF).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, saat sistem transaksi tol nirsentuh ini diterapkan, maka gerbang tol untuk melakukan pembayaran akan dihilangkan.

Diketahui, sistem transaksi nirsentuh sepenuhnya menggunakan teknologi. Di mana, nantinya kendaraan yang lewat akan terdeteksi oleh satelit, dan bisa melaju masuk tanpa menyentuhkan kartu elektronik di mesin pemindai yang biasanya ada di gerbang tol.

“Di dalam proses yang ultimate-nya gate ini menjadi akan hilang. Oleh karena itu masyarakat yang menggunakan jalan tol tidak lagi mendapati gate-gate itu akan berada di pintu tol, gerbang-gerbang tol. Bahkan secara gradual gerbang-gerbang tol itu juga akan ditiadakan,” kata Danang dalam konferensi pers daring, seperti dilansir kompastv, Jumat (20/05/2022).

Meski sistem transaksi tanpa sentuh memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna tol. Namun, Danang tak menampik sistem ini bukan tanpa tantangan yang bakal dihadapi.

“Salah satunya muncul yang dinamakan kemungkinan adanya non paying customer, atau konsumen yang tidak membayar. Pada saat mereka menggunakan jalan tol tersebut manakala kita sudah menghilangkan pintu-pintu yang ada di jalan tol,” ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kemungkinan tersebut, akan menjadi kekhawatiran para pelaku usaha jalan tol.

Mengingat adanya non paying customer ini akan menimbulkan dampak kerugian terhadap badan usaha jalan tol.

“Yang menjadi kekhawatiran besar bagi badan usaha jalan tol adalah non paying customer yang itu tidak dapat collect pembayarannya oleh badan usaha jalan tol maupun badan usaha pelaksana,” ujarnya.

Sebagai informasi, penerapan pembayaran tol tanpa kartu ini akan dilakukan secara bertahap, mulai akhir 2022.

Adapun teknologi yang diterapkan pada MLFF yaitu menggunakan Global Navigation Satelit System (GNSS) yakni sistem yang memungkinkan melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit.

Penggunaan MLFF nantinya akan menghilangkan waktu antrian menjadi nol detik.

Terdapat 3 cara yang bisa dipilih pengendara untuk membayar tol tanpa kartu, di antaranya:

 Electronic on-board unit, yaitu aplikasi yang diunduh pada ponsel dan terintegrasi dengan sistem pembayaran di gerbang tol.

 On-board unit yang berbentuk alat yang ditempel di kendaraan. Saat ini sudah ada sebagian pengguna jalan tol yang memilikinya.

Electronic route ticket atau tiket sekali jalan. Pengendara bisa membelinya di aplikasi MLFF maupun situs resmi, dengan memilih titik masuk dan keluar tol. (***)

IMBAUAN REDAKSI: Ayoo…Kita lawan virus Corona (Covid-19)..!! Patuhi protokol kesehatan (Prokes)..!! Jaga jarak dua meter, pakai masker, hindari kerumunan dan rajin cuci tangan pakai sabun di air mengalir. Bukan hebat kali Corona itu kalau kita bersatu..!!💪💪👍👍🙏🙏

Tinggalkan Komentar

close
Banner iklan disini