Presiden Jokowi: Atas Nama Rakyat, Bangsa dan Negara, Selamat Hari Bhayangkara..!!

Mencerdaskan & Memuliakan - Juli 5, 2022
Presiden Jokowi: Atas Nama Rakyat, Bangsa dan Negara, Selamat Hari Bhayangkara..!!
 - (Mencerdaskan & Memuliakan)
Editor

Jakarta, Bersamanewstv

Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara atau hari ulang tahun ke-76 Polri saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Bhayangkara di Semarang, Selasa (05/07/2022).

Di hadapan jajaran Polri, Jokowi juga menyampaikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat dalam membela bangsa dan negara.

“Atas nama rakyat, bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Bhayangkara ke-76 dan memberikan penghargaan atas kerja keras polri dalam melayani rakyat dalam membela bangsa dan negara,” kata Jokowi dalam amanatnya, dikutip Kompas dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (05/07/2022).

Jokowi mengatakan, ia dan seluruh rakyat Indonesia menaruh harapan besar kepada Polri karena kewenangan yang sangat besar.

Ia menyebutkan, organisasi Polri menembus hingga tingkat desa. Setiap harinya anggota Polri bersentuhan langsung dengan rakyat.

Oleh karena itu, ia mengingatkan bahwa setiap tindakan yang dilakukan oleh personel Polri akan selalu diperhatikan oleh rakyat.

“Di manapun Saudara-Saudara bertugas, Saudara-Saudara selalu dalam pengamatan rakyat, Saudara-Saudara selalu dalam penilaian rakyat, rakyat menilai apakah perilaku Polri sesuai dengan harapan rakyat,” kata Jokowi.

Mantan wali kota Solo itu pun mengutip hasil survei Litbang Kompas yang menunjukkan 58,3 persen responden menyatakan tindakan Polri sesuai dengan visi Presisi. “Tapi ingat ada 28,6 persen menyatakan belum selesai,” ujar Jokowi.

Ia juga mengingatkan bahwa kesalahan sekecil apapun yang dilakukan oleh anggota Polri dapat merusak kepercayaan masyarakat terhadap Korps Bhayangkara.

“Selain membaca survei, saya juga terus mengikuti pemberitaan di media konvensional dan media sosial. Setiap kecerobohan apapun di lapangan, sekecil apapun itu bisa merusak kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri. Oleh karena itu bekerjalah dengan hati-hati, bekerjalah dengan presisi,” ujar Jokowi.

Jokowi melanjutkan, tugas kepolisian sebagai pelayan masyarakat masih banyak. Antara lain mendukung penanganan pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 masih perlu penanganan yang serius. Saya minta Polri selalu siaga dalam penanggulangan Covid-19,” tutur Jokowi.

“Kedua kita harus waspada terhadap ketidakpastian global, krisis energi, krisis pangan dan krisis keuangan. Oleh sebab itu Polri harus memastikan kamtibmas agar kita lebih kokoh dalam menghadapi tantangan-tantangan ini,” jelasnya.

Jokowi juga mengatakan, sebagai aparat keamanan, Polri harus semakin siap dalam menghadapi berbagai kejahatan berbasis teknologi. Menurut Presiden, Polri seharusnya selangkah lebih maju daripada para pelaku kejahatan.

“Kita harus semakin siap dalam menghadapi ancaman kejahatan berbasis teknologi terbaru. Oleh sebab itu, Polri harus lebih maju dibandingkan pelaku kejahatan. Polri harus terus berinovasi dan meningkatkan penguasaan teknologi,” ujar Jokowi.

Di sisi lain, Presiden turut menegaskan berbagai agenda nasional lain yang juga perlu didukung oleh Polri. Pertama, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang dilanjutkan pemindahan ibu kota.

“Adalah pindah cara kerja untuk membangun motor kemajuan Indonesia ke depan. Polri harus mengawal agar dapat berjalan lancar dan tepat waktu,” tegas Jokowi.

Kedua, agenda G20 yang sudah berlangsung dan harus terus dikawal. Puncak acara KTT G20 yang akan dilangsungkan di Bali pada November mendatang, akan turut dihadiri oleh para pemimpin dunia.

“Yang ketiga, agenda besar demokrasi pileg, pilpres dan pilkada serentak 2024 harus diantisipasi dengan baik. Berikan dukungan kamtibmas secara maksimal agar pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan baik,” tambah Jokowi. (***)

IMBAUAN REDAKSI: Ayoo…Kita lawan virus Corona (Covid-19)..!! Patuhi protokol kesehatan (Prokes)..!! Jaga jarak dua meter, pakai masker, hindari kerumunan dan rajin cuci tangan pakai sabun di air mengalir. Bukan hebat kali Corona itu kalau kita bersatu..!!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ‘πŸ‘πŸ™πŸ™

Tinggalkan Komentar

Tag

close
Banner iklan disini